modernisasi dan perubahan sosial budaya

Modernisasi dan Perubahan Sosial Budaya


sumber:
https://quizizz.com/media/resource/gs/quizizz-media/quizzes/14592c9c-79ed-4bd7-8bbc-6e2619d963ae

A. Modernisasi di Indonesia

Sebagaimana bangsa – bangsa lain di dunia, bangsa indonesia sedang menggalakan pembangunan dan modernisasi. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat tuhan YME pembangunan di Indonesia dapat berjalan dengan lancar selama ini. Kondisi masyarakat semakin membaik dari kondisi sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari sarana prasarana, infrastruktur, fasilitas hidup, dst. Medernisasi yang dilakukan Indonesia mencakup bidang – bidang berikut ini


1. Modernisasi di Bidang Teknologi


Teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari hari. Sejak zaman dahulu manusia sudah menggunakan teknologi, diawali dengan penggunaan teknologi sederhana seperti kapak untuk menebang pohon atau gerobak untuk mengangkut barang.
Gejala modernisasi di bidang teknologi ditandai dengan perkembangan teknologi seperti muculnya teknlogi yang lebih maju dari pada teknologi sebelumnya. Adanya kemajuan teknologi yang mempermudah aspek kehidupan manusia, manusia mulai meninggalkan teknologi lama dan mulai menggunakan yang baru.
Hal yang demikian juga terjadi di indonesia. Masyarakat indonesia mulai mengembangkan berbagai macam teknologi untuk mempermudah perkerjaan mereka dan menambah produksi. Sebagai contoh adalah masyarakat desa mulai menggunakan mesin untuk memisahkan padi dari batangnya dan mulai meninggalkan teknologi sederhana.

sumber gambar:
https://dinamikamasyarakatblog.files.wordpress.com/2016/10/mesin-pertanian.jpg?w=604


2. Modernisasi di Bidang Ekonomi


Modernisasi dan pembangunan di bidang ekonomi mempunyai satu tujuan, yaitu mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera. Namun, kesejahteraan bangsa tidak dapat dilihat dari pendapatan negara dan pendapatan masyarakat saja. Tingginya pendapatan masyarakat masihharus di ukur dengan pemerataan akan hasil-hasil pembangunan ekonomi bagi masyarakat secera adil. Karena itulah di perlukan usaha-usaha untuk mencapainya.
Contoh modernisais di bidang ekonomi adalah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas. Usaha pemanfaatan teknologi ini telah memunculkan pusat-pusat industri mikro maupun makro. Karena kemunculanya itu mampu membawa perubahan pada proses produktivitas. Pemanfaatan teknologi dalam bidang industry telah menyingkirkan manusia dan beralih ke tenaga mesin.

sumber gambar:
https://tugassekolah.co.id/wp-content/uploads/2017/08/PengertianModernisasi.jpg


3. Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan

Pembangunan di bidang ini bertujuan untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari laju pertumbuhan bangsa lain. Modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi jembatan dalam proses Indonesai dari negara berkembang menjadi negara maju.
Penggunaan LCD atau alat bantu yang lain merupakan sarana penunjang pendidikan. Gejala modernisasi di Indonesia pada bidang ini salah satunya ditandai dengan banyaknya penelitian yang menghasilkan berbagai bebrbagai macam cara atau metode sebagai usaha untuk kemajuan teknologi.
sumber gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQeHQDogehEb13sjWGb5TPivqRtFwJOj3ED9gz8ycJbB3d2hEnPiRBQi5zQHSZnHxHvq6XPXb2fIuIaUT_ofxn-_rJ9oUnq0nuYTMbZRlWA5pQvb_y09s8uIweD-gcrRN37-xc5uj-Wjc/s1600/computer.jpg


4. Modernisasi di Bidang Komusikasi, Informasi, dan Transportasi

Perkembangan alat komunikasi dan informasi sebagai gejala modernisasi tampak nyata. Bermunculan berbagai penemuan baru, inovasi, dan pembaharuan terhadap berbagai alat komunikasi dan informasi.
Modernisasi di bidang komunikasi dan informasi sangatlah berbagai macam nya, dengan berkembangannya alat komunikasi dan informasi kita dapat mengakses informasi dengan cepat dan efisien


sumber gambar:
https://img-o.okeinfo.net/content/2015/09/12/207/1213001/era-digital-perlu-moda-transportasi-berbasis-aplikasi-BiaRKTphb2.jpg


5. Modernisasi di Bidang Politik

Sistem perwakilan rakyat dalam pemerintahan dapat disebut juga dengan hasil dari modernisasi di bidang politik. Gejala mdernisasi politik dan ideolgo di indonesia banyak di tandai oeh berbagai sikap politik masyarakat yang mulai mengesampingan sikap primadonal, kedaerahan, kesukuan, dan sejenis nya.
Sika politik semacam ini dipengaruhi oleh makin berkembangnya sistem informasi di kalangan masyarakat sehingga masyarakat mampu mengetahu arah politiknya masing-masing.







sumber gambar:
https://tugassekolah.co.id/wp-content/uploads/2017/08/GejalaModernisasiDanGlobalisasiDalamBidangPolitikdanIdeologi.jpg


6. Modernisasi di Bidang Keagamaan

Keberagaman dalam bidang keagamaan di indonesia menunjukkan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang religius. Modernisasi bidang keagamaan adalah tiang penyangga dari modernisasi bidang lainnya.
Gejala modernisasi dalam bidang kaegamaan terjadi di antaranya karena di dorong oleh meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat dan berkembangnya penggunaan media informasi dan komunikasi. Sekarang kita bisa mengakses suatu hal yang berhubungan dengan agama dengan mudah. Contahnya seperti kita                                                                                          dapat melihat tausiah di youtube.

sumber gambar:
https://rofilkhaeruddin.files.wordpress.com/2015/04/253837_halaqoh-dan-silaturrahim-nasional-nahdlatul-wathan-nw-_663_382.jpg

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karakteristik negara maju dan upaya Indonesia menjadi negara maju

Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju