potensi dan upaya indonesia menjadi negara maju


                 POTENSI DAN UPAYA INDONESIA MENJADI
             NEGARA MAJU


  1. Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya

               Setiap lokasi di permukaan bumi memiliki keunikan dan potensi yang berbeda dengan lokasi lainnya. Tidak ada satu lokasi pun yang karakteristiknya sama persis antara satu dan lainnya. Indonesia sebagai suatu wilayah di permukaan bumi juga memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan wilayah lainnya, sekaligus menyimpan potensi yang dimilikinya.
    Secara astronomis, Indonesia terletak pada 95 BT—141 BT dan 6 LU—11 LS. Posisi tersebut membuat Indonesia berada pada wilayah tropis. Akibatnya, Indonesia memiliki iklim tropis yang ditandai dengan suhu dan curah hujan yang tinggi.
    Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Benua yang mengapit Indonesia adalah Benua Asia dan Benua Australia. Samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Posisi ini membuat Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran internasional.
    Keuntungan posisi Indonesia juga dapat dilihat secara geologis.  Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia.  Posisi tersebut membuat Indonesia memiliki banyak gunung api dengan berbagai implikasinya. Keuntungan dari letak geologi seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral.
         sumber gambar:
https://www.suaradewata.com/uploads/berita/berita_MendukungPembangunanNasionalBerkesinambungandanVisiIndonesiaMaju.jpg



   B.Potensi Sumber Daya Alam Indonesia


                     1. Hutan



        
Hutan di Indonesia dapat dibedakan menjadi hutan produksi, hutan konservasi, hutan lindung. Hutan produksi adalah hutan yang sengaja ditanam untuk diambil kayunya. Hasil hutan yang dimanfaatkan dapat berupa kayu dan nonkayu.  Kayu yang dihasilkan dapat berupa kayu bulat dan kayu olahan.  Kayu bulat dihasilkan dari hutan dalam bentuk batangan pohon yang belum diolah seperti kayu jati, mahoni, akasia, cendana, pinus, sedangkan kayu olahan telah mengalami pengolahan lebih lanjut seperti kayu gergajian, plywood, dan veneer.  Hasil hutan nonkayu berupa buah-buahan, getah dan resin, madu, rotan, terpentin, minyak kayu putih, dammar, sagu, sutera, dan lain-lain.


       Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan system penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi laut, dan memelihara kesuburan tanah.


sumber gambar:
https://www.goodnewsfromindonesia.id/uploads/post/large-mobillombokdotcom-7de3a7e162c38929f23c9491ead3e3c8.jpg


2.Minyak Bumi





     
Sumber daya alam berikutnya yang dimiliki Indonesia adalah minyak bumi.  Minyak bumi  (petroleum) atau dikenal juga sebagai emas hitam merupakan cairan kental, cokelat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang terdapat pada lapisan teratas dari beberapa area di kerak bumi.


                  


                  sumber gambar:
                  https://i0.wp.com/thegorbalsla.com/wp-content/uploads/2019/01/Minyak-Bumi.jpg?                            fit=1470%2C1024&ssl=1

               3.Batu Bara
Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuhan yang mati dan kemudian tertimbun selama jutaan tahun. Pohon-pohon tinggi yang tumbuh saat itu seperti lycdops dan pakis raksasa, kemudian mati dan jatuh ke dalam rawa dan genangan air.



                 sumber gambar:
                 https://media.suara.com/pictures/970x544/2019/05/11/51934-ilustrasi-batu-bara.jpg
                       

               4.Gas Alam

                
Sumber daya alam yang banyak tersedia di Indonesia adalah gas alam. Indonesia                                   memiliki cadangan gas alam sebesar 2,8 triliun meter kubik (97 triliun kaki kubik).
         







sumber gambar:
https://i0.wp.com/kabar-energi.com/wp-content/uploads/2019/01/a.jpg?resize=650%2C365
              5.Sumber Daya laut
      
Dua pertiga wilayah Indonesia merupakan lautan.  Oleh karena itu, potensi kekayaan laut Indonesia sangat berlimpah. Jika dibandingkan dengan negara  lain, produksi ikan tangkap Indonesia menempati urutan ketiga di dunia setelah China dan Peru.




            sumber gambar:
           https://sulsel.rakyatku.com/thumbs/img_768_DKP_Sulsel_1503883338laut.jpg
  1. Potensi Sumber Daya Manusia

    1.  Jumlah Penduduk dan Tenaga Kerja


  a. Jumlah Penduduk

      
       Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Berdasarkan data Kependudukan Dunia (World Population Data Sheet,  2013), jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk yang besar memiliki keuntungan, yaitu sebagai sumber tenaga kerja bagi pembangunan dan sebagai pasar bagi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau industry.
    b. Tenaga Kerja
      
      Tenaga kerja merupakan pelaku dalam berbagai aktivitas pembangunan. Oleh karena itu, tenaga kerja dari sisi jumlah dan kualitasnya akan menentukan keberhasilan pembangunan. Tenaga kerja (manpower) adalah penduduk usia 15 tahun ke atas yang sedang bekerja, seseorang yang memiliki pekerjaan namun sementara tidak bekerja, seseorang yang tidak memiliki pekerjaan dan sedang mencari pekerjaan dikategorikan bekerja.


        2.    Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia


                         Jumlah penduduk yang besar juga tidak selalu menguntungkan jika tidak diimbangi dengan kualitas dan produktivitasnya. Oleh karena itu, jumlah penduduk yang besar harus diikuti oleh kualitas dan produktivitasnya yang tinggi. Kualitas sumber daya manusia dapat dinilai dengan menggunakan kriteria yang dikembangkan oleh United Nation Development programme (UNDP), sebuah organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI).






         





Comments

Popular posts from this blog

Karakteristik negara maju dan upaya Indonesia menjadi negara maju

modernisasi dan perubahan sosial budaya

Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju